Perancangan Mini Test Psikologi Berbasis Komputer Menggunakan Python Dengan Metode MBTI (Myers Briggs Type Indicator)

Authors

  • Arif Kun Nurwanto Putro Universitas Pamulang
  • Wiwin Winarti Universitas Pamulang

Keywords:

Test Psikologi, Python, MBTI, Ren’py

Abstract

Psikotest adalah test yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik seseorang. Psikotest dapat dilakukan dengan berkonsultasi ke psikolog atau mengikuti psikotest sederhana yang banyak disajikan dalam buku-buku psikologi, namun tentu akan memakan banyak waktu dan biaya. Pelaksanaan psikotest saat ini masih menggunakan cara manual dimana peserta harus membaca dan menjawab psikotest di kertas, kemudian peserta menghitung dan melakukan analisa sendiri dengan mengacu pada pedoman cara penghitungan hasil yang tercantum di buku tersebut. Solusi yang diusulkan adalah dengan merancang aplikasi mini test psikologi berbasis komputer menggunakan Python dengan metode MBTI (Myers Briggs Type Indicator). Aplikasi ini dirancang menggunakan ren’py. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Dengan adanya aplikasi ini, peserta uji dapat dengan mudah dan cepat mengetahui tipe kepribadian dan jenjang karier yang sesuai dengan passionnya. Dan bisa mendapatkan hasil test secara langsung.

References

Bairat, N.M dkk. 2021. “Perancangan dan Implementasi Tes Psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Berbasis Komputer dengan Metode Decision Tree.” Prosiding Teknik 8 (2) : 2003.

Fauzian, Rinda. 2020. Pengantar Psikologi Perkembangan. Sukabumi : CV. Jejak.

https://books.google.co.id/books?id=wBcREAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Haqqiasmi, Irul. 2016. Persona. Surabaya : Persona.

Indah, Dewi Parde dkk. 2018. “Sistem Pakar Deteksi Karakteristik dan Kepribadian Menggunakan Metode Forward Chaining.” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 3 (1) : 35.

Indriani, N dkk. (2020). “Pengembangan Simulasi Stress Test Menggunakan Tes Kraepelin Pada Tes Psikologi.” Jurnal Pepadun, 1(1), 63.

Jubilee Enterprise. 2019. Python untuk Programmer Pemula. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

https://www.google.co.id/books/edition/Python_untuk_Programmer_Pemula/78SZDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PR4&printsec=frontcover.

Maulani, Jauhari dkk. 2017. “ Perancangan Aplikasi Psikotes Digital Untuk Pendekatam Bimbingan Konseling Pada Siswa Bermasalah di SLTP Negeri 9 Banjarmasin.” Prosiding Hasil Penelotian Dosen Unika : 79

Mulyadi, Beni. 2018. “Perancangan Aplikasi Menggali Potensi Diri Menggunakan Tes Myers-Briggs Type Indicator.”

https://.nusamandiri.ac.id/index.php/unduh/item/232518/12145025.pdf.

Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Permatasari, E.M. 2021. “Visual Novel Kisah Paus Nabi Yunus.”

https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33390.

Prihandoyo, T.M. 2018. “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk

Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 3 (1) : 127.

Putri, A.R. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi Tes Psikologi Online Berbasis Web untuk Menunjang Keputusan Kelas Peminatan Siswa SMA.”

http://begawe.unram.ac.id/index.php/ta/article/view/8.

Rabbani, R.A dkk. 2020. “Perancangan dan Implementasi Tes Psikologi Myersbriggs Type Indicator Komputer untuk Mengetahui Minat dan Bakat Anak-Anak Usia Remaja Menggunakan Metode Naïve Bayes.” Prosiding Teknik 7 (1) : 1712.

Raganiz, A. A., & Sumaryati, S. (2021). “Dimensi Etis Pelaksanaan Kursus Tes Psikologis (Psikotes)”. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 65

Rosa, A.S dan M. Salahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung.

Saragih, B. A dkk. (2022). “Peran Penting Psikologi Manajemen.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 183.

Septian, R.F. 2013. Belajar Pemrograman Python Dasar. Bandung : Poss-Upi.

Sutarti dkk. 2019. “Sistem Keamanan Rumah melalui Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam dan Library Opencv Berbasis Raspberry Pi.” Jurnal Dinamika Informatika 8 (2) : 15.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Arif Kun Nurwanto Putro, & Wiwin Winarti. (2022). Perancangan Mini Test Psikologi Berbasis Komputer Menggunakan Python Dengan Metode MBTI (Myers Briggs Type Indicator). BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(04), 572–579. Retrieved from https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/820