Analisis Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Swot Pada Rumah Makan Dzaky Group
Keywords:
Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Industri Kuliner, UMKM, Dzaky GroupAbstract
This study aims to analyze the appropriate business strategy for Rumah Makan Dzaky Group in facing the culinary business competition in Bandar Lampung City. The research method used is a descriptive qualitative approach utilizing the SWOT analysis tool (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Data were collected through observation, interviews, and documentation involving five respondents, consisting of one manager, two employees, and two customers of Rumah Makan Dzaky Group. The results of the study, based on the IE analysis, show that the strategic position of Rumah Makan Dzaky Group is in Quadrant V of the IE Matrix, which corresponds to the Hold and Maintain strategy. Strategies that can be implemented include market penetration through enhanced digital marketing, product development to meet consumer trends, and improving coordination and employee training to address internal weaknesses. Based on the SWOT analysis, thirteen strategic alternatives were identified, providing strategic direction for the company to enhance its competitiveness and maintain its presence amid the increasingly competitive culinary industry.
References
Akdon. (2006). Strategic Management For Educational Management. Alfabeta, Bandung.
Anita, S. Y. (2022). Analisis strategi bersaing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 dalam perspektif etika bisnis Islam (studi pada pelaku UMKM keripik pisang di Jl. ZA. Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 352-362. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912
Ardillah, Nadia. V. (2022). Analisis Strategi Bisnis Pada Rumah Makan Yogya Chicken Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode Matriks SWOT dan QSPM. UPN “Veteran” Yogyakarta
Basuki, T. I., & Dwi R.T., D. R. (2023). Kajian analisis strategi peningkatan daya saing UMKM. Community Development Journal, 4(3), 5596-5600.
Burhan, Gilang. F., dan Soolany, Christian. (2022). Integrasi ANP dan TOPSIS dalam Pemilihan Strategi Pemasaran yang Optimal. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(3), 244-256
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Dwi Kuniati, E. (2019). Manajemen Strategi. Cetakan I. CV Djiwa Amarta Press, Surakarta.
Fadli, Muhammad dan Yusnita, Erni. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tahu Menggunakan Metode Analisa SWOT dan ANP Di UD. Tahu DK 16. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan. 6(1), 29-38
Gunandi, W. (2021). Prospek dan strategi bersaing pada industri furniture berbahan baku kayu jati. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1).
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Halawa, Mei. (2024). Analisis Keberhasilan Usaha Rumah Makan Salero Basamo Dalam Mempertahankan Keeksistensian Ditengah Persaingan
Rumah Makan Yang Sejenis di Kota Gunungsitoli.Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi) Volume 7 Nomor 1, April 2024
Indra, C., Vania, J., & Juliana. (2022). SWOT analysis business feasibility study (case study: McDonald’s). [Jurnal yang relevan].
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1 dan 2). Jakarta: Erlangga.
Linda, Wati dan Vella Anggresta.(2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA RESTORAN BO SHIN MYEONG GA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Jurnal Usaha Vol 4, No. 2 (2023), Desember 2023
Makhalul, I. (2002). Teori dan Praktek Lembaga Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press.
Mintzberg, H., & Quinn, J. B. (1991). The Strategy Process: Concepts, Contexts and Cases. Prentice Hall International Inc.
Munarso, S. J., & Mulyawanti, I. (2023). Bringing local food to global market: A food technology perspective. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 10, 1–14
Nurdiansyah, Asep. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD). SIBATIK JOURNAL | VOLUME 1 NO.8
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley.
Pearce, J. A., II, & Robinson, R. B., Jr. (2014). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Pigneur, Y., Osterwalder, A., Smith, A., & et al. (2010). Business Model Generation. Self-published.
Prastika, M., & Sadjiarto, A. (2018). Analisis SWOT usaha mikro kecil menengah di industri kreatif Sarang Lebah Salatiga. Ecodunamika, 1(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) sebagai solusi dalam menentukan strategi pengembangan usaha kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rumkholikpah, T. S. (2022). Membangun strategi bersaing dengan analisis Five Forces Porter pada usaha Bungas Wedang Dayak. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Rinova, D. (2021). Analisis strategi bersaing dalam meningkatkan penjualan pada usaha Rice Bowl by Makan.Yuk Bandar Lampung. Jurnal Sosi Humanis Sains, 6(01).
Reza, Muhlisin. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Makan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha: Studi Kasus Rumah Makan Angkringan Mbah Darsih, Kramat Jati, Jakarta Timur. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam Vol 5 No 1
Safitri, Wendi dan Viona. (2024). Analisis SWOT terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol.2, No.3 Juli 2024
Siregar, A. P. H. (2020). Analisis strategi bersaing Toko Roti X berdasarkan Iematriks. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1).
Suhartini, & Abdillah, A. H. (2023). Analisis SWOT dan AHP untuk menentukan strategi pengembangan dalam persaingan usaha (studi kasus: UD. Duta Sumber Ayem Niaga). Journal of Research and Technology, 9(2), 211–220. https://doi.org/10.55732/jrt.v9i2.1073
Sulistiani, D. (2014). Mencapai keunggulan bersaing dengan strategi diferensiasi. Jurnal Akuntansi, 4(2).
Supranto, J. (2010). Statistik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: UI Press.
Susilowati, A., Yusuf, A., Amanda, B. F., Wahyuni, A., & Sanjaya, V. F. (2020). Analisis strategi keunggulan bersaing dengan pendekatan analisis SWOT dan metode QSPM (studi kasus Murbay Konveksi). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(3), 124-129.
Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Penerbit PPM.
Triastity, R. (2014). Marketing plan sebagai upaya pencapaian strategi pemasaran perusahaan jangka panjang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(1), 38-44.
Wardilla, K. A., Liana, M. I., & Adiyanto, M. R. (2024). PENTINGNYA PENERAPAN AKUNTANSI PADA KAFE NOKIRA: MASUKAN DAN REKOMENDASI. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 170-186.












