Dampak Positif Penerapan Peer Teaching Terhadap Peningkatan Leadership Siswa Kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum
Keywords:
Peer Teaching, Leadership, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Kolaboratif, Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak positif penerapan strategi peer teaching terhadap peningkatan leadership siswa kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum dalam konteks Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek sepuluh siswa kelas IX dan dua guru pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer teaching mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab, kemandirian, komunikasi efektif, dan kemampuan mengelola kelompok belajar. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam pengambilan keputusan, empati, serta kemampuan menyelesaikan konflik antarteman secara konstruktif. Implementasi peer teaching juga memperkuat semangat gotong royong dan kepercayaan diri siswa dalam memimpin kelompoknya. Dengan demikian, strategi ini dapat diintegrasikan sebagai pendekatan pembelajaran yang mendukung dimensi kepemimpinan dan kolaborasi dalam Profil Pelajar Pancasila.
References
Alamri, M. M., & Almaiah, M. A. (2024). Integrating collaborative digital learning and leadership skill formation in schools. Education and Information Technologies, 29(7), 9103–9120.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2023). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (5 (ed.)). Sage Publications.
Fajrin, N. D., & Abdillah, S. D. K. (2023). Penguatan karakter gotong royong melalui pembelajaran kolaboratif di SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 11(3), 211–223.
Hendri, A., & Wahyudi, M. (2024). Implementasi strategi peer learning dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 77–90.
Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kemdikbudristek. (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Menengah. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemdikbudristek.
Kemdikbudristek. (2024). Laporan Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka 2024. Balitbangristek, Kemdikbudristek.
Kim, S., & Rahman, F. (2022). Collaborative peer learning as a leadership incubator in middle schools. Journal of Educational Leadership Studies, 30(2), 88–104.
Mezirow, J. (2022). Transformative learning theory revisited: New perspectives on reflective education. Routledge.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2019). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publications.
Nguyen, L., & Liu, X. (2024). The role of peer teaching in developing communication and leadership skills in lower secondary schools. International Journal of Educational Development, 108, 102759.
Okita, S. Y. (2023). Peer tutoring and cognitive development in collaborative classrooms. Educational Psychology Review, 35(1), 117–136.
Park, J., & Lee, M. (2022). Transformative leadership through peer-based learning. Asia-Pacific Education Researcher, 31(4), 511–523.
Schunk, D. H. (2022). Learning theories: An educational perspective (9th (ed.)). Pearson Education.
Widodo, A., & Darmayanti, N. (2023). Student agency in the Merdeka Curriculum: Implications for character education. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 4(2), 145–158.
Yuliani, R., & Prasetyo, I. (2023). Developing leadership character through project-based learning in Islamic junior high schools. Journal of Islamic Education Studies, 9(2), 145–159.
Zhao, Y., & Chen, J. (2023). Peer teaching as a catalyst for 21st-century skills in secondary education. Frontiers in Education, 8, 115–134.












