Peningkatan Pemahaman Konsep Perubahan Bentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pasir Kembang
Kata Kunci:
Perubahan Energi, Observasi Lapangan, Pembelajaran IPA, Siswa SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman siswa kelas V SDN 1 Pasir Kembang mengenai materi perubahan bentuk energi melalui metode observasi lapangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di lingkungan sekolah dengan mengamati berbagai aktivitas dan alat yang menunjukkan perubahan bentuk energi, seperti kipas angin, lampu, sepeda, dan kegiatan memasak di kantin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode observasi lapangan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perubahan energi, terutama dalam mengidentifikasi bentuk-bentuk energi dan bagaimana energi berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan pendekatan langsung ke lingkungan nyata, siswa lebih aktif, kritis, dan antusias dalam pembelajaran.
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Saputra, R. (2018). “Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 101–110.
Yulianti, N. (2020). “Penggunaan Observasi Lapangan dalam Pembelajaran Tematik di SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 65–72.












