Peningkatan Pemahaman Konsep Perubahan Bentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pasir Kembang

Penulis

  • Nabil Fathi fawaz Nabil Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Aldi Fazriansyah Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Didin Hapiyudin Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Yadi Heryadi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

Kata Kunci:

Perubahan Energi, Observasi Lapangan, Pembelajaran IPA, Siswa SD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman siswa kelas V SDN 1 Pasir Kembang mengenai materi perubahan bentuk energi melalui metode observasi lapangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di lingkungan sekolah dengan mengamati berbagai aktivitas dan alat yang menunjukkan perubahan bentuk energi, seperti kipas angin, lampu, sepeda, dan kegiatan memasak di kantin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode observasi lapangan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perubahan energi, terutama dalam mengidentifikasi bentuk-bentuk energi dan bagaimana energi berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan pendekatan langsung ke lingkungan nyata, siswa lebih aktif, kritis, dan antusias dalam pembelajaran.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Saputra, R. (2018). “Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 101–110.

Yulianti, N. (2020). “Penggunaan Observasi Lapangan dalam Pembelajaran Tematik di SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 65–72.

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Nabil, N. F. fawaz, Fazriansyah, A. ., Hapiyudin, D. ., & Heryadi, Y. . (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Perubahan Bentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pasir Kembang. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 3(2), 183–185. Diambil dari https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/5267

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama